"Pangek Lapuak" Hanya di Barulak

Pangek bukanlah makanan yang asing bagi penikmat kuliner minang. Hampir setiap daerah di Ranah Bundo ini memiliki cara tersendiri untuk membuatnya, namun tetap mempunyai kesamaan rasa dan bentuk. Tapi di Nagari Barulak, kilometer 28 jalan raya Batusangkar-Payakmbuh ada rasa dan tekstur yang berbeda dari pangek. Masakan ini disebut "Pangek Lapuak".
Pangek Lapuak Barulak
Didominasi oleh warna kuning kunyit yang kental dengan rasanya, dibalut dengan daun belimbing beras yang menimbulkan rasa asam sedap. Parutan kelapa menghiasi aroma khas pangek tersebut dan bumbu bumbu alami lain yang kentara semakin menambah nikmat daging ikan yang empuk sampai ke tulang tulangnya. Aroma dan cita rasa khas pangek lapuak meresap jauh hingga ke sisi dalam daging ikan yang empuk. 
Meresap Hingga ke Sisi Dalam Daging

"Rumah Makan Pangek Lapuak", di sinilah dihidangkan pangek dengan cita rasa yang khas tersebut. Rumah makan yang sederhana ini biasanya buka mulai siang hingga sore. Banyak pengunjung yang melepas lapar siang di sini. 
 Panorama Sekitar Rumah Makan
Rumah makan yang terletak di pinggir jalan raya dan diapit oleh sawah sawah semakin menambah nyaman suasana makan. Sambil makan bisa melepaskan pandangan kebarisan bukit hijau atau ke hamparan sawah.