"Lembah Harau" Negri Tebing Cadas

Tebing tebing cadas berdiri kokoh di hamparan alam yang membentang. Semilir angin berhembus menyelinap di celah celahnya. Dan ranting ranting pohon pun bersalaman ditiup angin. Suara alam, suara hutan, suara hewan menyambut kedatangan tamu yang berkunjung. Inilah orkes simponi alam yang menakjubkan.
Tebing Cadas dan Air Terjun di Belakang Rumah
 Tebing Tebing Mengapit Sawah
Pohon pohon tua itu masih berdiri di puncak bukit yang subur dan tak terjamah oleh tangan tangan usil. Pohon pohon itu membentuk hutan yang lebat dan menyimpan air dalam jumlah yang banyak.
  Hutan dan Tebing Cadas
Air air tersebut mengalir melalui celah celah akar pohon menuju tempat yang rendah. Akhirnya bermuara di ujung tebing bukit yang tinggi lalu jatuh dalam kerumunan putih susu yang segar. Gelombangnya menggulung udara sekitar lalu berhembuslah angin semilir segar. Angin itu menyapu wajah wajah pendatang yang sumringah. terbayarlah penat seketika itu juga.
Air Terjun Dari Puncak Tebing Cadas
Ada hamparan sawah basah membentang di kaki kaki bukit terjal. Sesaat bercermin penjaga negri yang gagah. Tetap kokoh berdiri tegak tak termakan usia. Dialah tebing tebing cadas menjulang tengadah ke awan yang berarak.
Hamparan Sawah dan Penjaga Negri yang Gagah
Sawah Sawah Basah
Wajah wajah riang pendatang menyatu dalam kegembiraan. Disini terdapat beberapa homestay yang bagus, sehingga pengunjung bisa menikmati malam ditengah kegemuruhan air terjun dan hutan. Dibalut udara sejuk dan keramah tamahan lokal yang menyenangkan.
Penunjuk Arah
Gema di Lembah Echo
Itulah lukisan ringkas "Lembah Harau" yang eksotik. Terletak 10 KM utara Kota Payakumbuh, Lembah Harau telah berhasil merampas hati wisatawan lokal maupun asing. Tebing batu kokoh dengan ketingian 70 hingga 100 meter lebih membuat takjub siapa saja yang datang melihatnya. 

 


Pesonanya telah banyak menggoreskan kuas Pelukis di atas kanvas dengan racikan seninya. Suara alamnya telah mengilhami Komposer melantunkan nada nada merdu. Dan Pujangga telah menggoreskan tinta dalam sastra sastra indah memuji keelokannya. Sungguh menakjubkan.

(amazing-sumbar)