Amazing "Koto Gadang"

Ini adalah Koto Gadang. Sebuah nagari (desa) yang telah melahirkan orang pinter. Sebut saja Agus Salim hingga cucunya Emil Salim, atau Syech Ahmad Khatib Al Minangkabawi satu satunya imam Masjidil Haram non Arab di abad 18. 
Masjid Koto Gadang
 Rumah Adat Koto Gadang
Koto Gadang bertetangga dengan Kota Bukittinggi tapi dipisahkan oleh ngarai yang lebar dan dalam. Namun saat ini telah ada jalan tembok yang dibuat seperti tembok China untuk menghubungkan dua daerah tersebut. Jalan yang dibangun dengan swadaya perantau ini telah menjadi ikon wisata Koto Gadang.
 Ngarai Sianok
Wisatawan dapat berhiking ria melintasi jalan bak tembok besar China, melewati ngarai yang indah dan sejuk, mendengarkan kicauan burung dan desiran angin melalui celah celah tebing. Semuanya terhampar sebagai anugrah yang menakjubkan.
 Great Wall "Koto Gadang"
Pesona Koto Gadang tiada duanya, kampung yang tertata rapi dan jalanan yang bersih serta rumah rumah kayu tua yang terawat. Ini lebih identik dengan kampung tua yang modern di Sumatra Barat. Rumah rumah kayu yang didominasi oleh gaya Belanda, di sinilah peradaban modern Sumatra Barat dimulai.
  Rumah Rumah Kayu Tua
Menatap Gunung Singgalang yang berdiri gagah menyapa siapa saja. Sekelompok awan berarak di puncak dan menambah nuansa indah alamnya serta hamparan sawah yang luas membentang sepuas mata memandang, itulah lukisan alam Koto Gadang.
  Gunung Singgalang
Berada di atas ketinggian 950 mdpl, udara di sini sangat sejuk waktu siang dan terasa dingin bila malam. Jauh dari hiruk pikuk suara mesin menjadikan Koto Gadang tempat istirahat alternatif sebelah Bukittinggi. Ini sungguh menyenangkan.
Sebelah Bukittinggi
Tidak hanya sampai disitu, nikmatilah masakan asli Koto Gadang, "Gulai Itik Koto Gadang". Dengan warna hijau cabe muda, masakan ini lebih terasa nikmat karena campuran bumbu bumbu alaminya dan teknik pengolahan yang sempurna. Lidah anda akan dibawa bergoyang karena lezatnya.
Gulai Itik Koto Gadang
Jika sudah menikmati pesona alam dan kuliner dari negri yang menawan ini, jangan lupa cindera mata. Di sini banyak pengrajin perak yang membuat berbagai cindera mata dengan racikan seni yang indah dan menawan. Dari tangan tangan terampil yang cekatan lahirlah barang seni dari perak dengan cita rasa tinggi.
 Berbagai Perhiasan Dari Perak
Miniatur Jam Gadang dan Rumah Gonjong dari Perak
Selain pengrajin perak, di sini juga banyak terdapat pengrajin sulaman dan bordiran yang mampu menghasilkan nilai karya bermutu. Sulaman dan bordiran yang halus dan rapi jadi primadona istri pejabat negri. Sudah tak diragukan lagi karya sulaman dan bordiran dari sini.
 
Sulaman dan Bordiran dengan berbagai motif
Di Koto Gadang anda akan mendapatkan kenangan yang menakjubkan, ini adalah negri dengan banyak keistimewaan.
(amazing-sumbar)