Istana Pagaruyung yang Megah

Istana Pagaruyung adalah simbol kedaulatan masyarakat minangkabau pada masa kerajaan pagaruyung masih berjaya. Sekarang, Istana Pagaruyung menjadi simbol kedaulatan adat etnis Minang. Istana ini memiliki sejarah panjang sejak awal berdirinya.
 
Istana Pagaruyung
Istano Basa Pagaruyung (red: nama resmi) berjarak 5 kilometer arah timur kota Batusangkar Sumatera Barat. Istana ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Pagaruyung yang berkuasa di pedalaman Sumatera Barat.

Pengunjung berteduh dibawah bayang bayang istana

Istana ini sudah beberapa kali terbakar dan terakhir pada Februari 2007 karena sambaran petir di salah satu bagian atap pada ujung tanduk kerbaunya. Atap istana terbuat dari ijuk, konstruksinya dari beton bertulang dan dilapisi dengan kayu, lantai juga dari kayu sehingga semua terlihat dari kayu. 

Suasana di dalam Istana yang ramai dikunjungi wisatawan saat liburan

Akses:
Menuju Istana Pagaruyung dari Kota Batusangkar cukup dengan ojek motor yang banyak beredar di Batusangkar. Di sudut sudut jalan atau tandai motor yang bawa helm duoble (hee,,,he,,,) bisa dipastikan tukang Ojek. Ongkosnya sekitar 7 ribu rupiah/orang.

Peninggalan Kerajaan Pagaruyung yang masih tersisa

Tiket:
Tiket masuk wisatawan Lokal: 7 ribu rupiah/org, untuk wisatawan Asing: 12 ribu rupiah/org. Loket untuk tiket masuk berada di pintu gerbang Istana.

Dinding dinding Istana yang dipenuhi ukiran etnis minang

Fasilitas:
Fasilitas di Istana ini cukup memadai. Lapangan parkir mobil dan sepeda motor berada di depan Istana. kecuali lebaran, pengunjung sangat ramai hingga parkir di pinggir jalan. Keamanan parkir di sini terjaga oleh petugas yang terampil.
Tempat Shalat dan Toilet umum di belakang Istana arah utara. Jika anda naik ke Istana harus lepas sepatu/sandal di sini tersedia petugas parkir yang siap melayani anda tanpa bayaran, hanya ada sumbangan jika anda mau menyumbang.

Badut badut yang selalu siap menghibur pengunjung
Juga tersedia odong odong mengantar anda keliling Istana dengan harga 5 ribu/orang. Berfoto bersama badut dikenai biaya 5 ribu untuk 3 photo atau lebih.
Bagi yang ingin naik kuda juga ada sewa kuda keliling lapangan dengan membayar 15 ribu/orang