Gulai Itik Sianok Menggoncang Lidah

Hal yang menarik dari Lembah Sianok adalah kuliner Gulai Itik Cabe Hijau. Konon kabarnya masakan ini asli dari Nagari Koto Gadang, namun kemudian nama Sianok lebih melejit. Akhirnya kuliner ini melekat jadi ikon Ngarai Sianok Bukittinggi. Banyak wisatawan khusus datang untuk menjajal masakan khas dari lembah yang indah ini.
Gulai Itik Cabe Hijau Sianok
Daging itiknya tidak amis, rasanya yang gurih, empuk, pedas cabe hijaunya agak terasa, aroma bumbu khas masakan minang yang kuat menambah sedap dimakan dengan nasi putih.
Cabe Hijau, Jengkol, Nangka serta menu lainnya
Menu ini dilengkapi juga dengan cabe hijau goreng dicampur ikan asin yang enak dengan aroma minyak tanak (dari santan kelapa) yang dibuat khusus, bumbu alami yang tidak membosankan di lidah dan tidak pedas sama sekali. Namun juga ada gulai jengkol yang empuk dan renyah. Sangat cocok bagi anda yang gemar jengkol.
Sayur Anyang yang menambah selera makan
Tersedia juga sayur anyang yang terbuat dari sayur hijau campur toge dengan balutan kelapa parut yang dicampur kunyit. Rasa asam air jeruk nipis bercampur dengan rasa pedas cabe merah yang bikin lidah bergoyang goyang. Anda akan menikmati kuliner ini sambil menatap pemandangan lembah yang indah dan udara yang sejuk.
Kuliner ini dapat anda jumpai di rumah makan yang terdapat di lembah Ngarai Sianok Bukittinggi. Anda tidak akan sulit menjumpai lokasi ini karena sudah terkenal di Kota Bukittinggi.